Tips Membeli Home Theater





 Tahun ini, harga home theater mengalami perubahan dibanding tahun sebelumnya. Terdapat produk yang harganya naik, namun ada juga yang turun. Saat membeli home theater sendiri, alangkah lebih baik bila faktor harga tidak dijadikan pertimbangan tunggal. Gunakan pertimbangan lain seperti kelengkapan dan kualitas produk tersebut. Sebab, biaya yang sudah Anda keluarkan tak akan bisa dinikmati dengan puas bila tidak sesuai kebutuhan atau kualitasnya buruk. Berikut ini beberapa pertimbangan yang bisa Anda gunakan selain harga home theater itu sendiri.
  • Jumlah Speaker
Home theater yang benar-benar bisa dinikmati setidaknya harus dilengkapi dengan lima speaker. Karenanya, pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Selain itu, siap-siap saja dikecewakan dengan home theater yang kurang bisa memberikan suasana home theater itu sendiri. Membeli lebih dari lima speaker sendiri tentu tak masalah. Namun anggaran yang Anda keluarkan jelas lebih besar.
  • Kualitas Suara
Selain jumlah speaker, kualitas suara yang dihasilkan speaker juga harus jadi bahan pertimbangan. Hindari membeli banyak speaker namun kualitasnya buruk. Yang Anda anggaran Anda membengkak untuk menutupi kualitas speaker berkualitas suara buruk tersebut.
  • Merek
Merek terkait dengan reputasi kualitas produk. Meski tidak selalu terkait dengan kualitas, tapi mengandalkan merek adalah cara aman memperoleh produk dengan gambaran kualitas paling mendekati. Harga home theater untuk setiap merek sendiri pasti berbeda-beda. Harga Home Theater LG jelas berbeda dengan Harga Home Theater Sony. Demikian pula harga Home Theater Polytron terbaru pasti berbeda dengan harga Home Theater Polytron lama.
  • Jangan Tergesa Membeli
Jangan tergesa membeli hanya karena faktor tertentu. Misalnya langsung ingin membeli home theater seperti yang dimiliki kenalan hanya karena merasa produk tersebut bagus. Pertimbangkan masak-masak terlebih dahulu. Apalagi bila Anda baru pertama kali membeli home theater. Karena minim pengalaman, home theater yang tak begitu bagus pun bisa Anda anggap sangat mengagumkan.
  • Garansi dan Layanan
Selain kualitas produk, perhatikan pula kualitas layanan dari tiap perusahaan home theater tersebut berasal. Pastikan pula Anda tidak membeli dari harga home theater semata, namun juga dari harga yang harus Anda bayar atas garansi maupun layanan yang diberikan. Dengan demikian, kalau kebetulan Anda salah membeli produk yang cacat, Anda tidak akan dirugikan.
  • Penempatan
Setelah membeli home theater yang paling sesuai dengan keinginan, pastikan Anda menempatkannya dengan benar. Jangan ragu minta petunjuk pada mereka yang ahli di bidangnya. Sebab, salah memasang bisa mengakibatkan kenikmatan menontoh di home theater menjadi kurang nyaman.
Demikian beberapa faktor yang sebaiknya Anda gunakan kala membeli home theater. Sekali, lagi, hindari membeli berdasarkan harga home theater semata. Semoga bermanfaat.
First