Harga Vacuum Cleaner dan Cara Memilihnya



Salah satu harga kebutuhan barang elektronik yang menjadi perhatian ibu rumah tangga adalah harga vacuum cleaner. Teknologi telah mengantarkan vacuum cleaner sebagai alat canggih yang menjadi favorit ibu rumah tangga karena alat ini bisa membantu mereka membersihkan rumah terutama untuk debu-debu kering yang biasanya tidak bersih hanya dengan sekali sapu. Untuk lantai, karpet, hingga bagian-bagian rumah yang susah dijangkau. Vacuum cleaner akan menyedot debu tersebut sehingga tidak kembali lagi seperti halnya jika Anda menyapu, debu kemungkinan terbang kembali mengotori lebih besar karena debunya tidak langsung hilang tersedot. Ibu bisa lebih efisien dalam membersihkan rumah, menghemat waktu dan juga tenaga. Terutama untuk ibu yang tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan rumah karena kesibukannya di luar rumah.

Setiap harga vacuum cleaner tentu berbeda-beda. Perbedaan bukan hanya karena merknya seperti harga vacuum cleaner Panasonic atau harga vacuum cleaner Sharp saja. Walaupun tidak dapat dipungkiri, merk dengan nama dan kualitas yang sudah dijaminnya berpengaruh pada tingginya harga. Namun, kebutuhan dengan tipe atau jenis vacuum cleaner itu sendiri itu berpengaruh pada harganya.
Jadi, sebelum membeli, pastikan Anda telah mengetahui kebutuhan vacuum cleaner Anda berdasarkan:
  1. Daya motor dan Watt vacuum cleaner tersebut. Semakin tinggi watt-nya, maka semakin kuat juga daya motornya. Daya yang dimiliki ini akan menjadi jaminan bahwa vacuum cleaner tersebut memiliki daya hisap yang kuat dan lebih baik. Berbeda dengan vacuum cleaner yang watt-nya kecil. Namun, daya listrik ini juga harus disesuaikan dengan daya listrik yang tersedia di rumah Anda.
  2. Harga vacuum cleaner juga dipengaruhi oleh kemampuan pick up debu yang dimiliki vacuum cleaner tersebut berdasarkan ujung pipa dengan nozzle yang dimilikinya. Bagian yang terdapat pada upright dan silinder ini berperan dalam pick up debu. Bahkan, tidak jarang ada harga vacuum cleaner murah dengan kinerja dalam pick debu yang baik dipilih ibu-ibu. Hal ini dikarenakan, nozzle dengan banyak variasi akan memudahkan ibu dalam membersihkan area-area yang sulit dijangkau. Untuk Anda yang ingin vacuum cleaner yang ringan dan bisa digunakan untuk membersihkan area yang tinggi pun bisa memilih harga vacuum cleaner kecil yang simple dan ringan dengan desain yang bisa digendong.
  3. Selanjutnya, perhatikan jenis filter yang digunakan dari vacuum cleaner tersebut. Jenis filternya ada dua macam High Efficiency Particulate Arresting atau HEPA dan micro. Untuk HEPA memiliki fungsi sebagai penangkap dari partikel kecil berupa debu. Jenis ini cocok bagi penderita asma atau alergi. Untuk harga vacuum cleaner yang satu ini tentu berbeda karena ada kelebihannya yaitu mudah dibersihkan. Sedangkan jenis filter micro biasanya terdapat pada vacuum cleaner standar. Anda perlu menggantinya secara berkala walaupun ada beberapa yang bisa dicuci.
  4. Terakhir, pastikan Anda mengetahui suara yang dihasilkannya. Tingkat kebisingan ini berhubungan dengan kenyamanan Anda maupun orang lain di rumah.
Saat ini, sebetulnya untuk membeli vacuum cleaner sangat mudah. Banyak online shop yang menjual kebutuhan elektronik termasuk vacuum cleaner di dalamnya. Dibandingkan harga di toko biasa, harga vacuum cleaner biasanya jauh lebih murah dengan garansi yang tetap akan Anda dapatkan.