Cara merawat Kompor Listrik Agar Tahan Lama





Cara merawat Kompor Listrik Agar Tahan Lama

Memiliki barang yang tahan lama adalah dambaan setiap orang. Tidak ada seorangpun yang tidak ingin barang elektroniknya cepat rusak. Tak terkecuali dengan KomporListrik. Akan sangat disayangkan kalau elektronik yang Anda miliki cepat rusak. Sebab harganya tidak semurah membeli bumbu dapur. Dan untuk bisa mempertahankan setiap eketronik yang dimiliki, perlu perawatan dan penggunaan yang tepat. Begitupun juga dengan kompor induksi yang sekarang ada di rumah Anda.

Untuk menggunakan kompor ini dengan benar, inilah yang harus Anda lakukan. Pertama, siapkan alat masak yang ukurannya sesuai dengan kompor ini. Sebab tidak semua peralatan masak bisa dimasak di kompor ini. Kalau Anda menggunakan alat masak yang besar, jangan pernah mengharapkan kompor ini akan bertahan lama. Kedua, Anda perlu melakukan pengecekan peralatan masak. Ini untuk memastikan bahwa kompor ini akan berfungsi sebagaimana mestinya. Kompor ini menggunakan aliran listrik sebagai sumber panasnya. Sehingga butuh medan magnet yang tepat. Jadi Anda harus menggunakan alat masak yang bawahnya terbuat dari logam atau besi.

Ketiga, setelah semuanya siap, nyalakan Kompor Listrik sesuai dengan petunjuk yang ada. Hal ini penting untuk menghindari kesalahan dalam menggunakannya. Karena Anda bisa terkena bahaya jika salah pegang. Keempat, segara letakkan alat masak di atas cooktop setelah kompor ini dinyalakan. Ini untuk lebih menghemat listrik yang digunakan. Dan yang kelima (terakhir) aturlah waktu memasak dengan benar. Hal ini untuk memberikan masakan yang benar-benar nikmat. Untuk bisa mengatur waktu dengan tepat, Anda perlu melakukan pengetesan awal dari berbagai jenis masakan. Jadi jika Anda baru pertama kali menggunakan Kompor Listrik ini, sebaiknya setiap Anda memasak, perhatikan waktunya. Kalau perlu pakai alat penghitung waktu yang ada di dalam jam tangan atau hp Anda.

Setelah mengetahui cara menggunakannya, hal yang harus Anda perhatikan adalah cara merawawatnya. Sebab walaupun Anda sudah benar menggunakannya, tetapi kalau tidak pAndai merawatnya, maka kompor ini akan cepat rusak. Dan untuk merawatnya, Anda hanya perlu membersihkannya secara teratur. Tetapi untuk membersihkannya juga tidak boleh sembarangan. Jika ingin membersihkan kompor ini, inilah yang harus Anda perhatikan:

·         Pertama, bersihkan permukaan lempeng (cooktop) yang ada pada Kompor Listrik dengan mengoleskan cairan cleaner yang biasa digunakan untuk membersihkan keramik beberapa tetes saja.


·         Kemudian usap dengan bahan yang lembut seperti kain. Jika cooktop berasal dari kaca gunakan cleaner khusus kaca. Gunakan spons untuk membersihkan kerak ataupun noda yang ada di permukaan kompor ini sampai benar-benar bersih. Ada baiknya jika Anda membersihkannya selepas Anda memasak. Tetapi tunggu sampai benar-benar dingin. Ini akan membuat Kompor Listrik lebih tahan lama dari pada Anda menunggu membersihkannya setelah adanya kerak.